Filsafat Ilmu

BAB 1
Pemikiran rasional belum mampu mengungkap sesuatu yang tidak dapat diukur dengan hukum alam. Bagaimana tentang logis? Kebenaran logis terbagi dua, pertama, logis-rasional, seperti yang diuraikan di atas tadi, kedua logis-supra-rasional. Logis-supra-rasioanal ialah pemikiran akal yang kebenarannya hanya mengendalikan argumennya yang mausk akal maka ia benar, sekalipun melawan hukum alam. Dengan kata lain, ukuran kebenaran logis-supra-rasional itu benar-benar bersifat abstrak. Kebenaran logis-supra-rasional itu ialah kebenaran yang masuk akal sekalipun melawan hukum alam.
Kita dapat membuat beberapa ungkapan sebagai berikut:
(1)      Yang logis ialah yang masuk akal.
(2)      Yang logis itu mencakup yang rasional dan yang suora-rasioanal.
(3)      Yang raisonal ialah yang masuk akal dan sesuai dengan hukum alam.
(4)      Yang supra-rasional ialah yang masuk akal sekalipun tidak sesuai dengan hukum alam.
(5)      Istilah logis boleh dipakai dalam pengertian rasional atau dalam pengertian supra-rasional.
Beberapa kesimpulan sebagai implikasi konsep logis di atas ialah:
1)         Isi Al-Qur’an ada yang rasional dan ada yang supranasional
2)         Isi Al-Qur’an itu semuanya logis; sebagian logis rasional sebagiannya logis-supra-rasional.
3)         Rumus metode ilmiah yang selama ini logico-hypothetico-verificatif; dapat diteruskan dengan penjelasan logiko itu harus diartikan rasio.
4)         Mahzab Rasionalisme tidak dapat diterima oleh sistem ini; yang dapat diterima ialah mahzab Logisme.
BAB 2
PENGETAHUAN SAIN
A.       Ontologi Sain
1.         Hakikat pengetahuan sain
Pada bab 1 telah dijelaskan secara ringkas bahwa pengetahuan sain adalah pengetahuan rasional empiris. Masalah rasional dan empiris inilah yang dibahas berikut ini. Pertama, masalah rasional. Kedua, masalah empiris. Hipotensis saya itu saya uji (kebenarannya) mengikuti prosedur metode ilmiah. Untuk menguji hipotesis itu saya gunakan metode eksperimen dengan cara mengambil satu atau dua kampung yang disuruh makan telur secara teratur selama setahun sebagai kelompok eksperimen, dan mengambil satu atau dua kampung yang lain yang tidak boleh makan telur, juga selama setahun itu, sebagai kelompok kontrol. Pada akhir tahun, kesehatan kedua kelompok itu saya amati. Hasilnya, kampung yang makan telur rata-rata lebih sehat. Ilmu atau sain berisi teori. Teori itu pada dasarnya menerangkan hubungan sebab akibat. Sain tidak memberikan nilai baik atau buruk, halal dan haram, sopan atau tidak sopan, indah dan tidak indah; sain haya memberi inilah yang menyebabkan ada orang menyangka bahwa sain itu netral. Dalam konteks seperti itu memang ya, tetapi dalam konteks lain belum tentu ya.
2.         Struktur Sain
1.         Sain Kealaman
·            Astronomi;
·            Fisika: mekanika, bunyi, cahaya dan optik, fisika nuklir;
·            Kimia: kimia organik, kimia teknik;
·            Ilmu Bumi: paleontologi, ekologi, geofisika, geokimia, mineralogi, geografi;
·            Ilmu Hayat: biofisika, botani, zoologi;
2.         Sain Sosial
·            Sosiologi:  sosiologi komunikasi, sosiologi politik, sosiologi pendidikan
·            Antropologi: antropologi budaya, antropologi ekonomi, antropologi politik;
·            Psikologi: psikologi pendidikan, psikologi anak, psikologi abnormal
·            Ekonomi: ekonomi makro, ekonomi lingkungan, ekonomi pedesaan
·            Politik : politik dalam negeri, politik hukum, politik internasional
3.         Humaniora
·            Seni: seni abstrak, seni grafika, seni pahat, seni tari
·            Hukum: hukum pidana, hukum tata usaha negara, hukum adat( mungkin dapat dimasukan ke sain sosial)
·            Filsafat: logika, ethika, estetika
·            Bahasa: sastra
·            Agama: Islam, Kristen, Confosius
·            Sejarah: sejarah indonesia, sejarah dunia (mungkin dapat dimasukan ke sain sosial)
Ilmu berisi teori-teori. Jika anda mengambil buku ilmu(sain)pendidikan, maka anda akan menemukan teori-teori tentang pendidikan. Ilmu bumi membicarakan teori-teori tentang makhluk hidup. Demikian seterusnya. Jadi, isi ilmu ialah teori. Jika kita  bertanya apa ukuran kebenaran sain, maka yang kita tanya ialah apa ukuran kebenaran teori-teori sain.
Secara umum, teori artinya pendapat yang beralasaan. Alasan itu dapat berupa argumen perasaan atau keyakinan dan kadang-kadang empiris, ini teori dalam pengetahuan mistik; berupa argumen logis-empiris, ini teori sain.
1)         Teori sebagai alat ekspalanasi
Munurut T.Jacob (manusia, ilmu dan teknologi,1993:7-8) sain merupakan suatu sistem eksplanasi yang paling dapat diandalkan dibandingkan dengan sistem lainnya dalam memahamio masa lampau, sekarang, serta mengubah masa depan.
2)         Teori sebagai alat peramal
Tatkala membuat eksplamasi, biasanya ilmuwan telah mengetahui juga faktor penyebab terjadinya gejala itu. Dengan”mengutak-atik” faktor penyebab itu, ilmuwandapat membuat ramalan. Dalam bahasa kaum ilmuwan ramalan itu tersebut prediksi, untuk membedakannya dari ramalan dukun.
3)         Teori sebagai alat Pengontrol
Eksplamasi merupakan bahan untuk membuat ramalan dan kontrol. Ilmuwan selain mampu membuat ramalan berdasarkan ekslamasi gelaja, juga dapat membuat kontrol.
Pengetahuan ilmu
Secara ilmu teori ialah pendapat yang beralasan, semakin banyak makan telor akan semakin sehat atau telor berpengaruh positif terhadap kesehatan, adalah telor dalam sain. Bila permintaan meningkat maka harga akan naik, juga adalah telor sain. Menurut plato, penjaga negara(presiden dan menteri) haruslah filosof dan mereka todak boleh berkeluarga, jika berkeluarga maka meraka tidak akan beres menjaga negara. Ini teori filsafat. Jika penduduk suatu beriman bertakwa maka tuhan akan menurunkan berkah bagi mereka dari langit. Ini salah satu teori dalam agama islam. Jin dapat disuruh melakukan sesuatu. Ini teori dalam pengetahuan mistik. Teori adalah pendapat (yang beralasan)
Karena isi ilmu adalah teori, maka mengembangkan ilmu adalah mengembangkan teorinya. Ada beberapa kemungkinan dalam mengembangkan teori. Pertama menyusun teori baru. Kedua menemukan teori baru untuk mangganti teori lama. Ketiga, revisi teori lama. Keempat membatalkan teori lama.
BAB 3
PENGETAHUAN FILSAFAT
Ontologi filsafat membicaraka tentang hakikat filsafat, yaitu apa pengetahuan filsafat itu sebenarnya. Struktur filsafat juga dibahas disini. Yang dimaksud dengan struktur disini ialah cabang filsafat serta isi (yaitu teori) dalam setiap cabang itu. Yang dibicarakan disini hanyalah cabang-cabang saja, itupun juga hanya sebagian saja. Teori dalam setiap cabang tertentu sangat banyak dan itu tidak dibicarakan sini. Struktur dalam arti cabang-cabang filsafat sering juga disebut sistematika filsafat. Filsafat terdiri dari tiga cabang besar yaitu: ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Ketiga cabang itu juga sebenarnya merupakan satu kesatuan:
·            Ontologi, membicarakan hakikat(segala sesuatu) ini berupa pengetahuan tentang hakikat segala sesuatu.
·            Epistemologi cara memperoleh pengetahuan itu.
·            Aksiologi membicarakan guna pengetahuan itu.
Filsafat itu adalah pemikiran orang, karena pemikiran orang, karena pemikiran orang tidaklah mungkin orang itu netral dalam berfkir. Sekurang-kurangnya hasil pemikiran itu telah berpihak pada pemikir itu. Pada logika itu mungkin saja logika itu nertal. Untuk memastikan ini kita dapat menganggap logika itu esensinya sama dengan esensinya matematika.
BAB 4
PENGETAHUAN MISTIK
A.       Ontologi pengetahuan mistik
1.         Hakikat pengetahuan mistik
Pengetahuan yang tidak dapat dipahami rasionya. Hubungan sebab akibat yang terjadi tidak dapat dipahami rasio. Pengetahuan ini kadang-kadang memiliki bukti empiris tetapi kebanyakan tidak dapat dibuktikan secara empiris. Di dalam islam yang masuk ke dalam pengetahuan mistik ialah pengetahuan yang diperoleh melalui jalan tasawuf. Kekebalan juga termasuk pengetahuan mistik karena tidak dapat diterangkan melalui logika sebab akibat. Orang dapat kebal karena latihan-latihan tertentu dan bekerjanya hasil latihan itu tidak dapat dipahami oleh rasio.
2.         Struktur pengetahuan mistik
Mistik manggis putih selalu dekat dan berhubungan dan mendasarkan kepada tuhan, sehingga dukungan illahi sangat menetukan. Sejak berjalan kenabian, pada nabi manggis putihnya ialah mukjizat, pada pemilik manggis putih selain nabi disebut karamah. Dan ada pula mistis manggis hitam selalu dekat, bersandar dan bergantung pada kekuatan setan dann roh jahat. Mereka meiliki kekuatan diatas rata-rata manusia, kekuatan mereka itu memungkinkan meraka mampu melihat hal-hal gaib karena dukungan dari setan dan roh jahat tadi.
B.        Epistemologi pengetahuan mistik
Pengetahuan mistik itu ialah pengetahuan yang diperoleh  tidak melalui indra dan bukan juga melalui rasio. Pengetahuan diperoleh melalui rasa, melalui hati sebagai alat merasa. Kalau indra dan rasio ialah alat pengetahuan yang dimiliki oleh manusia, maka rasa atau hati, juga adalah alat mengetahui. Musia laksana radio penerima. Siaran-siaran yang amat rendah frekuensinya, sehingga bukan saja indra indra tidak mampu menangkapnya, akal rasinal pun tidak snaggup menangkapnya dapat ditangkap dengan rasa.
1.         Objek pengetahuan mistik
Tuhan, malaikat, surga, neraka, jin, dll. Termasuk objek yang hanya dapat diketahui melalui pengetahuan mistik ialah objek-objek yang tidak dapat dipahami oleh rasio. Yaitu objek-objek supra natural seperti debus, kebal, pelet,penggunaan jin, dan santet.
2.         Cara memperoleh pengetahuan mistik
Pengetahuan misiti tidak diperoleh melalui indera dan tidak juga dengan menggunakan akal rasional akan tetapi diperoleh melalui rasa.
3.         Ukuran kebenaran pengetahuan mistik
Kebenaran pengetahuan mistik dapat diukur dengan berbagai ukuran. Bila pengetahuan mistik itu berasal dari tuhan maka ukurannya ialah teks tuhan yang menyebutkan demikan. Tatkala tuhan dalam al-quran mengatakan bahwa surga dan neraka itu benar-benar ada. Jika tidak ada surga dan neraka, allah anak menghisab semua masuia di alam mana jika tidak ada surga dan neraka.
C.        Aksiologi pengetahuan mistik
1.         Kegunaan pengetahuan mistik
Banyak sekali pengetahuan mistik mendapat pengikut yang begitu banyak dan berkembang sedemikan pesat bila tidak ada gunanya. Mistik tersebut itu ada  mistik manggis putih. Yaitu mistik manggis putih menggunakan pengetahuannya untuk kebaikan seperti untuk pengobatan, mendamaikan suami istri yang sedang ada masalah dalam keluarganya.
2.         Cara pengetahuan mistik menyelesaikan masalah
Pengetahuan mistik menyelesaikan masalah tidak melalui proses inderawi dan tidak juga melalui proses rasio. Melaikan berlaku untuk mistik putih dan mistik hitam. Hampir semua masyarakat yang beragama di dunia ini mengakui adanya kehidupan mistik. Temasuk jenis mistik yang menggunakan kekuatab manggis.
MUKASYAFAH
Mukasyafah diawali oleh asumsi dan kesadaran tentang adanya kesatuan esensial secara asasi secara subjek-objek yaitu manusia dengan tuhan. Mukasyafah adalah salah satu tangga menuju pengetahuan tentang dan dalam tuhan, sesuatu pengetahuan hakikiah. Mukasyafah ialah upaya menyingkapan hijab-hijab yang menutupi diri sendiri.  Bagi orang-orang yang telah sengaja menutup hatinya dari gairah pencarian akan tertutup dan sangat sulit untuk dibuka, dan bagi orang-orang yang terus menerus berusaha mancari dan membuka hijab itu maka hijab itu akan terbuka.
Epistemologi
Metodologi penyingkapan tabir
Melalukan ibadah dengan sepenuh hati. Suara yang baik dan merdu dalam mengucapkan spiritual yang dapat menyejukan qalbu seperti dalam berdoa, membaca ayat al-qur’an, wirid. Pemberian bimbingan oleh guru yang mempunyai kehalusan kalbu. Dan dapat diraih dengan melalui pemikiran yang jernih  dan cinta tanpa pamrih, yaitu dengan cara melembutkan jiwa batin serta membersihkan jiwa dari segnap kotaran  dan noda.
ILMU LADUNI
Tasawuf dikenal ada 3 alat untuk berkomunikasi secara rohaniah, yaitu kalbu untuk mengetahui sifat-sifat tuhan, roh untuk mencintai tuhan, dan sirr untuk musyahadah yakni menyaksikan keindahan, kebesaran dan kemuliaan tuhan secara yakin. Unsur di atas menyatu dalam unsur menyatu dan kesatuan. Ilmu laduni ini ilmu yang bukan hasil pemikiran sendiri melainkan ilmu yang diterima langsung melalui ilham, iluminasi, atau inpirasi dari sisi tuhan. Kaum sufi menyakinkan tatkala manusia telah mencapai maqam wali allah, maka pada kondisi itulah tuhan menjadikan matanya dapat melihat seperti mata tuhan, dan telinganya dapat mendengar seperti telingan tuhann, karena mereka itulah yang berhubungan dengan alam gaib seperti roh dan malaikat serta menyakini halhal yang belum terjadi. Kegunaan ilmu laduni ialah untuk agar dapat memahami ilmu dengan tepat, dapat mengetahui tingkatan ilmu seseorang dan dengan mengetahui karakter seseorang. Dan bisa juga dapat mengambil ilmu orang lain yang diinginkan. Dan bisa juga dapat membedakan mana jin, setan, dan malaikat, dan bisa juga berdialog dengan mereka itu. Dan bisa juga mengetahui penyakit orang lain dan bisa menyembuhkannya juga. Dan ilmu laduni juga bisa mengobati oarng yang terkena santet.
SAEFI
Ilmu saefi ini membahas tentang baca-bacaan dan doa-doa. Rentetan bacaan menurut bilangan dan waktu tertentu yang didasarkan kepada allah. Doa yang dibaca terus-menerus atau berulang-ulang menurut bilangan dan waktu tertentu. karena doa itu dibaca berulang-ulang maka doa itu akan menjadi darah daging bagi orang yang membaca doa tersebut. Ada macam-macam saefi diantaranya:
·            Saefi Dzulfaqar
·            Saefi Mughni
·            Saefi Umum
·            Saefi Antazaman
JANGJAWOKAN
Jangjawokan berasal dari bahasa sunda, dan jangjawokan dalam bahasa jawa adalah jampi aji-aji. Jangjawokan itu merupakan ucapan atau kaliamat yang bila diucapkan diyakini memiliki kekuatan magis tertentu. Bacaan jangjawokan biasanya diajarkan oleh guru melalui mulut ke telinga secara lisan dalam situasi yang tidak formal. Pengetahuan ini tidak boleh diberikan kepada seseorang kecuali bila ia telah menyatakan ingin berguru. Yang akan ingin berguru memenuhi syarat-syarat seperti puasa khusus beberapa hari, ada yang puasa sampai 3 hari, 7 hari, dan ada juga yang sampai 40 hari berpuasa. Jangjawokan merupakan tradisi mistis yang berlaku di daerah tertentu saja, biasanya diajarkan atau diberikan ketika diperlukan saja. Contoh jangjawokan yang menjelaskan beacaannya:
·            Asihan Nabi Yusuf
·            Asihan Perorangan
·            Penyembuhan Bisul
·            Penyembuhan Sakit Ulu Angen
·            Memandikan Orang yang Mempunyai Tanda
·            Menberantas Hama Wereng
SIHIR
 Kata sihir berasal dari bahasa arab yang terbentuk dalam bentuk mashdar kata kerja sahara-yasharu yang memiliki arti sesuatu yang sumbernya lembut atau halus. Sihir merupakan upaya yang dilakukan oleh manusia sebagai suatu tipu daya yang dalam mewujudkannya, dengan cara meminta bantuan sesuatu yang halus atau setan untuk membolak-balikan sesuatu yang sebenarnya kesesuatu atau yanng bukan sebenarnya. Dan ada juga sihir modren yaitu dengan cara menghipnotis seseorang. Lalu oran g itu tidak sadarkan diri ketika sudah di hipnotis tersebut. Sihir juga selalu meminta bantuan jin kafir dengan cara mendatangkan jin sebagai berikut:
·            Thariqat al-iqsam (bersumpah atas nama jin)
·            Thariqat al-Dzabhi (menyembelih sembelihan)
·            Thariqat sufliyah (melakukan kenistaan)
·            Thariqat najasah (menuliskan ayat al-qur’an menggunakan najis)
·            Thariqat al-tankis (menuliskan ayat al-qur’an dengan susunan sungsang)
·            Thariqat tanjim (menujum menggunakan binatang)
·            Thariqat kaffi (melihat melalui telapak tangan)
·            Thariqat al-atsar (menggunakan benda bekas pakai)
Ilmu Kebal 
Ilmu kebal adalah jenis pengetahuan yang berkembang di masyarakat, khususnya indonesia, dikenal sebagai ilmu tentang cara-cara menjaga diri tanpa bantuan alat fisik agar tidak mempan senjata tajam atau benda lain yang dapat melukai. Ilmu kebal juga diperoleh melalui cara supra-natural atau supra-rasional. Yaitu diperoleh secara mistik. Dikalangan pemilik ilmu ini diyakini bahwa ilmu itu hanya diperoleh melalui dengan dua cara yaitu melalui bawaan dari hasil belajar. Bahwa orang yang mempelajari ilmu kebal ini dari buku-buku atau coba-coba semacam bereksperimen, akan membawanya pada kecelakaan. Ilmu kebal ini digunakan untuk menjaga diri dari kecelakaan yang diakibatkan oleh kejahatan orang lain dan dapat juga untuk menolong orang lain dari kejahatan orang terhadapnya.
SANTET
Santet ialah sebutan yang berasal dari jawa timur. Santet juga bagian dari sihir. Dan santet juga memiliki kekuatan supra natural yang dapat dipaksa dan berpartisipasi dengan cara tertentu, dengan jalan yang baik ataupun jalan yang buruk. Santet juga sejenis pengetahuan yang semata-mata berdasarkan kekuatan gaib.
PELET
Pelet secara etimologis pelet mengandung arti memikat mengambil, pesona, bujukan. Dan secara terminologis pelet ialah usaha sadar membujuk, marik cinta seseorang dengann cara-cara tertentu. Ada sebuah contoh, ada sebuah gadis yang digodain banyak laki-laki dan di salah satu dari laki-laki tersebut ada yang menggunakan pelet untuk mendapatkan perempuan tersebut. Si perempuan tersebut tidak sadar kalau dia sudah terkena peletnya si laki-laki tersebut. Pelet ialah tindakan yang disengaja untuk menarik, mengalihkan rasa cinta seseorang kepada pemelet tanpa disadari sepenuhnya oleh orang yang dipeletnya.
DEBUS
Orang yang melakukan debus itu harus mempunya ilmu atau sudah belajar lebih dalam tentang debus. Agar supaya pada saat melakukan atraksi tidak salah atau tidak fatal pada saat atraksi sedang berlagsung. Dalam prakteknya juga debus memang sesuatu banget yang luar biasa yaitu, memakan kaca dan tidak luka, kulit tahan disiram dengan air keras, tahan ditusuk dengan jarum, dan ditusuk atau digorok tidak luka, orang dikita dan di masukan kedalam peti, setelah dibuka ikatannya lepas bahkan ia keluar dari peti itu keluar sambil merokok dan api juga tidak panas bagi orang melakukan atraksi debus.
TENTANG JIN
Jenis jin itu terbentuk menjadi dua yaitu jin laki-laki dan jin perempuan. Perbedaan jin dan setan adalah setiap setan adalah jin dan tidak setiap jin adalah setan. Hal ini bermula ketika iblis kawin dengan jiin perempuan yang menjadi pengikutnya, dan lantas mempunyai keturunan. Keturunan jin yang dari iblis inilah yang disebut setan. Jin itu terbuat dari api. Populasi jin sangat banyak, lebih banyak dari pada manusia. Jin tinggal hampir semua tempat dimuka bumi ini, di darat, di air, maupun di  udara. Agama yang di anutnya juga bermacam-macam. Jin juga makan dan minum seperti manusi. Jin juga menghadiri majlis-majlis yang diadakan manusia.
NYAMBAT
Istilah nyambat ditatarkan dalam bahasa sunda yang artinya kira-kira sama dengan memanggil, menghadirkan, mendatangkan roh yang melalui suatu ritual dengan mengucapkan bacaan-bacaan tertentu. menurut Epistemologi dan Aksiologi jenis menyambat yaitu:
·            Asrar
·            Abdul Jabbar
·            Pajajaran
·            Kuda Lumping
·            Kasurupan
·            Tenaga Gaib
·            Pedukunan (al-kahin)
·            Ramal
ILMU KANURAGAN
Ilmu kanuragan termasuk dengan ilmu bela diri. Dapat bentuk dari kekuatan yang datangnya dari dalam dan dapat juga datangnya dari luar. Adapun juga cara mempelajari seni bela diri yaitu:
·            Dasar
·            Pembuka
·            Pintu Wali
·            Payung Wali
·            Pancaran Ma’unah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar kurikulum yang tidak sesuai dengan kemampuan anak sekolah

Kenapa pendidikan formal penting

Belum adanya sekolah untuk anak yang berkebutuhan khusus di desa